Jumat, 17 Januari 2020

Melangkah Menuju MT. PRAU

Jalur Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng


Puncak gunung Sindoro - Sumbing, puncak gunung Kembang, puncak Merapi-Merbabu dapat terlihat dari puncak gunung prau.


  CERLAM - Jalur ini adalah salah satu jalur yang paling sering dan kerap kali dipilih oleh para pendaki. Jalur ini merupakan jalur terpendek dari jalur pendakian gunung Prau yang lainnya. Dijalur ini memberi pemandangan yang sangat indah untuk menyaksikan sunrise. Bila beruntung dan cuaca bagus kita dapat menyaksikan golden sunrise dan jajaran gunung yang membentang sangat indah.

   Bagi para pendaki pemula trek ini sangat cocok karena tidak terlalu sulit dan jalur pendakian yang terbilang cukup pendek. Bagi kalian semua yang akan mendaki ke gunung paru alangkah baiknya simak informasi tentang gunung yang akan didaki dan mengetahui tentang trek / jalur pendakian terlebih dahulu.

BASCAMP GUNUNG PRAU

Gapura depan pintu masuk bascamp gunung prau via patak banteng.


MEMULAI PENDAKIAN

1. Bascamp - Pos 1 Sikut Dewo (kurang lebih 45 menit). 


* Awal perjalanan dari bascamp kurang lebih 15 menit kita akan melewati trek tangga yang berada di pemukiman warga untuk menuju perkebunan milik warga setempat.

* Trek selanjutnya kita akan melewati jalur batu yang sudah dibuat jalan rapi. Tapi jangan salah mengira kalau jalur ini datar, dijalur ini jalurnya menanjak.



* Pos 1 Sikut Dewo berada di tikungan yang menanjak setelah melewati trek batuan. Di pos ini kita akan melewati trek tangga lagi.

2. Pos 1 - Pos 2  (kurang lebih 45 menit)

* Dari pos 1 menuju pos 2 kita akan melewati jalur perkebunan warga, trek ini sedikit menanjak.


* Pos 2 Canggal Walangan, dipos 2 ini setelah kita melalui trek tangga di pos 1 dan melewati perkebunan warga kita akan melewati trek alam bukan tangga lagi dan akan memasuki hutan pinuns.

3. Pos 2 - Pos 3 Cacingan (kurang lebih 45 menit)


* Pada pos 2 menuju pos 3 ini kita akan menaiki jalur menanjak yang dipenuhi oleh akar-akar pepohonan. 

4. Pos 3 - Puncak ( kurang lebih 45 menit)


* Setelah menempuh waktu kurang lebih 3 jam perjalanan mendaki, kita akan sampai di puncak gunung Prau dan langsung disuguhi pemandangan alam yang indah dan menyaksikan deretan gunung yang berjajar.

Jika ditotalkan semua perjalanan :

  1.  BC - POS 1 45menit
  1. POS 1 - POS 2 45menit
  1. POS 2 - POS 3 45menit
  1. POS 3 - PUNCAK 45menit
   Total waktu perjalanan naik ada 3 jam, sedangkan untuk turun akan lebih cepat biasanya rata-rata hanya memakan waktu sekitar 2 jam saja.

oke sekian informasi tentang trek / jalur pendakian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf, jangan lupa kritik dan sarannya di kolom komentar yupss, see you..


3 komentar: